Selasa, 17 November 2015

WISATA DANAU LAUT TAWAR



Wisata Danau Laut Tawar Takengon Aceh Tengah

 

Jelang libur panjang, sudahkah sobat quickers menentukan tempat untuk berlibur. Jika belum, tak ada salahnya quikers mencantumkan Objek Wisata Danau Laut Tawar sebagai salah satu referensi dalam memilih tempat berlibur di tahun ini. Penasaran? Yuk, simak ulasan dari
Wisata danau laut tawar Takengon terletak di dataran tinggi Gayo Kota Takengon, Ibu Kota Kabupaten Aceh Tengah. Danau Laut Tawar atau masyarakat Gayo menyebutnya Danau Laut Tawar dapat menjadi salah satu pilihan destinasi wisata favorit bagi kalian yang tengah menikmati liburan panjang. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3.219 km. Volume air mencapai 2.537.483.884 m3 atau sekitar 2,5 triliun liter sehingga danau laut tawar menjadi Ikon Kota Takengon.
Eksotisme alam danau laut tawar Takengon memang berbeda dengan tempat wisata sejenis baik di indonesia maupun tempat lain di dunia. Sobat quickers akan dibuat terkagum-kagum dengan pemandangan alam yang disuguhkan di sekitar Danau Laut Tawar. Bahkan, jernihnya air danau, sobat quickers dapat melihat langsung dengan mata telanjang keindahan terumbu karang dan ikan yang berenang di dalamnya. Selain itu, terdapat empat gua yang mengelilingi danau. Konon menyimpan cerita asal muasal danau laut tawar.
Suasana sejuk dan nyaman ditambah bukit-bukit yang mengelilingi dengan pohon pinus dan serangkaian vegetasi tropis dijamin akan membuat sobat quickers senang dan betah berada di sana. Di danau laut tawar ini merupakan habitat ikan trout/ikan depik. Konon ikan trout yang berada di Takengon ini merupakan spesies satu-satunya di dunia yang berada di danau laut tawar.
Soal biaya, jangan khawatir. Cukup dengan Rp 10 ribu rupiah/orang saja, sobat quickers sudah bisa masuk objek wisata danau laut tawar. Namun untuk naik perahu tentunya diperlukan tambahan biaya sekitar Rp 50-100 ribu rupiah/perahu. Tetapi, tenang saja biaya tersebut akan setimpal dengan keindahan yang disuguhkan saat mengelilingi dananu + 1-2 jam. Tak menutup kemungkinan, para wisatawan yang berkunjung ke sana akan mendapatkan diskon dari harga biasanya.
Selepas menikmati keindahan di danau laut tawar, sobat quikers dapat menikmati kopi Arabica khas Aceh Tengah, yang banyak di jual di kedai-kedai kopi di Takengon. Ya! Di kota kecil dengan penduduk sekitar 230.000 ini ternyata menjadi salah satu penghasil kopi terbaik dunia. Untuk harga kopi racikan asli, sobat quickers harus merogoh kocek agak dalam. Pasalnya, satu gelas kopi Arabica asli Takengon dihargai sebesar 50 ribu rupiah. Menariknya, jika sobat quickers penasaran, warga sekitar dengan sukarela akan mengajak melihat-lihat cara mengolah kopi Arabica khas Takengon Aceh Tengah.
Untuk tempat tinggal, sobat quickers jangan khawatir. Di sekitar Danau Laut Tawar Takengon banyak pilihan tempat untuk menginap. Ada Hotel Triagra yang letaknya dekat terminal bus Takengon. Hotel Renggali letaknya tepat berada di pinggir danau sehingga sobat quickers dapat menikmati keindahan dan udara danau laut tawar di pagi hari. Selain penginapan tersebut, warga sekitar kerap menyediakan kos-kosan yang lebih murah harganya dari hotel. Untuk harga penginapan pastinya beragam. Mulai dari Rp 80 ribu untuk satu orang per malam sampai kelas VIP dengan harga jutaan rupiah. Tertarik? Silahkan datang dan saksikan bagaimana keindahan alam Danau Laut Tawar Takengon



Tidak ada komentar:

Posting Komentar